Kamis

7 Jenis Makanan yang Kaya Akan Kandungan Selenium

1001 Manfaat Alami - Seperti yang telah diketahui, selenium merupakan jenis mineral yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Di antaranya menjaga kesehatan dan fungsi sistem kardiovaskular, meningkatkan produksi antioksidan, menyehatkan sistem reproduksi, hingga mencegah kanker.
Jenis-jenis Makanan yang Kaya Akan Kandungan Selenium

Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan kaya selenium mutlak harus dilakukan. Lantas makanan apa saja yang mengandung selenium?

Dilansir Boldsky, berikut ini adalah Jenis Jenis bahan makanan yang kaya akan selenium:

1. Telur

Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga kaya akan zat selenium yang baik untuk tubuh. Satu butir telur mengandung 15 mikrogram selenium, yang setara dengan 21 persen dari nilai harian. Kandungam mineral lain seperti fosfor, vitamin D, vitamin B12 dan riboflavin yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2. Jamur

Mengkonsumi 100 gram jamur setiap hari juga dapat memenuhi 17 persen asupan selenium tubuh. Tak hanya itu, jamur juga memiliki beragam sumber nutrisi lain seperti niacin, tembaga, potassium, riboflavin, vitamin D dan vitamin C yang cukup tinggi. 

3. Keju

Keju merupakan produk olahan susu yang tinggi akan selenium. 100 gram keju mengandung 15 mikrogram selenium yang setara dengan 20 persen kebutuhan harian selenium. Selain itu, mengkonsumsi keju dengan rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan otak.

4. Oat

Olahan gandum ini juga kaya akan selenium. 100 gram gandum mengandung 34 mikrogram selenium yang dibutuhkan tubuh. Bukan itu saja, oat juga mengandung sumber mineral yang sangat tinggi seperti fosfor, magnesium dan mangan.

5. Ayam

Ayam merupakan sumber protein dan selenium yang sangat baik. 100 gram ayam mengandung sekitar 27,6 mikrogram selenium, yaitu 39 persen dari nilai harian. Vitamin dan mineral lain yang ada pada ayam adalah niasin, vitamin B6, potasium dan fosfor. 

6. Tuna

Selain kaya akan protein dan asam lemak omega 3, ikan tuna juga dikenal kaya akan selenium. 100 gram ikan tuna mengandung 80,4 mikrogram selenium, yaitu 115 persen dari nilai harian. Ikan tuna juga mengandung dan vitamin B kompleks yang dapat membantu memecahkan lemak dan melancarkan pencernaan.

7. Salmon

Tak hanya tuna, salmon juga rupanya memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi. 100 gram salmon mengandung 59 persen zat selenium yang dibutuhkan tubuh. Kandungan kalori pada salmon juga relatif rendah, sehingga tidak akan meningkatkan berat badan.

0 comments