Harga Terbaru 2016

9 Tips Cara Mengatasi Anak yg Susah Makan

Sebelum melanjutkan membaca 9 Tips Cara Mengatasi Anak yg Susah Makan, Kami mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan rating positif situs ini. Cukup dengan : "KLIK" tombol
loading...

Anak Tidak Nafsu Makan
Berikut Artikel menarik terkait dengan cara mengatasi anak susah makan, vitamin anak susah makan, susu bebelac complete anak susah makan, resep anak susah makan, anak susah makan nasi, penyebab anak susah makan, menyiasati anak susah makan, bayi susah makan, anak susah makan sayur
Tips Mengatasi Anak Susah Makan - Apakah anak bunda sering susah untuk makan? Jika iya, berarti permasalahan yang bunda alami hampir sama seperti yang dikeluhkan oleh orang tua yang lain. Mungkin bunda sudah melakukan berbagai cara agar si buah hati mau makan, tapi ternyata cara yang bunda lakukan tidak berhasil membuat anak mau makan. 

Penyebab anak- anak susah makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja karena faktor fisik dan bahkan faktor psikis pada anak. Jika permasalahan datang dari faktor fisiknya, biasanya karena ada gangguan di organ pencernaan atau bisa jadi terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. 

Sedangkan untuk faktor psikis meliputi karena adanya gangguan psikologis pada anak, seperti misalnya disebabkan oleh kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukainya.

Permasalahan seperti itu memang wajar terjadi, dan biasanya saat usianya memasuki tahun pertama. Masalah tersebut biasanya karena tidak suka sayur, cuma mengemut makanannya berlama-lama atau karena anak hanya mau makan yang itu-itu saja. Jika kondisi terus menerus seperti ini sudah barang tentu membuat orang tua jadi khawatir akan kecukupan gizi buah hati, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Jika demikian, bagaimana cara mengatasi anak yang sulit atau susah makan? Ada beberapa tips yang bisa bunda coba terapkan, tipsnya bisa bunda simak seperti berikut ini:

1. Coba sajikan makanan dengan porsi kecil saja.
Cobalah bunda memberi makanan pada anak dengan porsi sedikit saja, mengingat lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Usahakan suapi makanan sedikit demi sedikit hingga ia mau makan.

2. Sajikan dengan menarik.
Anak-anak cenderung lebih suka dengan tampilan yang menarik. Biar anak mau makan, cobalah sajikan menu makanan anak dengan bentuk dan tampilan menarik. Bunda bisa membentuk makanan dengan berbagai karakter, misalnya  teddy bear atau bebek kecil.

3. Variasikan menu makanan.
Coba bunda  buat beberapa pilihan menu makanan, biarkan buah anak bunda memilih makanan mana yang ia sukai. Dengan begitu anak akan lebih suka dengan makanan sesuai pilihannya.

4. Atur Jadwal Makan.
Cobalah untuk mengatur waktu makan dengan teratur, ini berguna agar si kecil terbiasa dengan waktu biasanya makan. Usahakan selalu makan bersama agar suasana menjadi lebih menyenangkan.

5. Jadikan suasana makan yang menyenangkan.
Ingat ya bunda.. Hindari menakut-nakuti anak ya biar mau makan lebih banyak. Dengan menakut-nakuti bahkan mengancam anak justru akan merasa bahwa waktu makan adalah  saat yang tidak menyenangkan. Ini sangat berbahaya pada psikologis anak. Jadi buatlah suasana makan semenyenangkan mungkin.

6. Beri cemilan sehat.
Jika anak memasuki usia 2 tahun, tentu si kecil lebih aktif dan tidak mau diam. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dgn porsi kecil namun beragam. Seperti bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, donat tabor keju,  sus mini isi fla coklat, dan sebagainya.

7. Libatkan anak-anak untuk menyiapkan makanan.
Ajak anak bunda untuk ikut terjun ke dapur membantu bunda memasak, meskipun hanya membantu mengambilkan buah atau sayur dan membantu menyiapkan makanan dimeja makan. Dengan begitu, si anak juga akan berfikir tentang makanan yang diolah, dan tentu bernafsu dengan makanan yang ia olah.

8. Jangan memaksa atau Mengancam.
Seperti pada poin ke 5 diatas, Jadikan suasana makan yang menyenangkan. Sebaiknya hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak. Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

9. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang sangat penting untuk pertumbuhan anak, namun bila terlalu banyak minum ketika makan, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke dalam perut anak. Jadi, batasi pemberian minum ketika anak sedang makan.

Nah, dengan ke sembilan tips cara biar anak mau makan diatas semoga dapat membantu permasalahan bunda ya.. Baca artikel penting Efek negatif jika sering bentak anak ini bunda, biar kita lebih berhati-hati dalam mendidik anak.

Kami sangat berharap artikel 9 Tips Cara Mengatasi Anak yg Susah Makan diatas bisa menjadi edukasi yang bermanfaat khususnya bagi pembaca dan umumnya bagi seluruh masyarakat. Dibawah ini, ada beberapa artikel manfaat menarik berkaitan dengan Artikel Kesehatan, Tips Sehat, dll. Kami mohon bantuan Anda untuk dapat menyebarkan/membagikan informasi ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini untuk saling SHARE informasi kepada teman maupun sanak saudara untuk menambah wawasan dan edukasi seputar manfaat alami di sekitar kita.

Advertisement

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *