Senin

5 Manfaat Sehat Mendengarkan Musik

1001 Manfaat Musik - Pernahkan kamu merasakan gimana musik dapat mengubah suasana hati? Yups, cuma dengan mendengarkan musik dan lagi favorit, hari-hari yang rasanya kelabu, ngebosenin bisa berubah jadi lebih indah, cerah, dan lebih relaks. 

Dan pastinya kamu juga sering menjadikan musik sebagai teman kamu saat ngerjain tugas kuliah atau kantor yang menumpuk di meja kerja.


Nggak bisa dipungkiri memang, musik punya banyak banget pengaruh dalam hidup manusia, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahkan termasuk juga dalam hal kesehatan. Nah, dibawah ini ada beberapa manfaat kesehatan dari musik yang perlu kamu tau gaes, seperti artikel yang sudah dirilis di laman Inminutes.com berikut:


1. Musik Untuk Meningkatkan kualitas tidur

Musik dapat membantu mengatasi stres dan juga menjaga detak jantung agar tetap stabil, sehingga kualitas tidur kamu jadi lebih nyenyak. Jika kamu sering mengalami insomnia (sulit tidur), tak ada salahnya untuk mencoba mengatasi masalah ini dengan mendengarkan musik yang menjadi kesukaanmu, pasti kamu bisa tidur cepet.


2. Musik Untu Menjaga otak tetap sehat

Ritme musik bisa memberikan efek jangka panjang pada sistem otak, seperti dapat meningkatkan daya ingat dan juga dapat melindungi dari kerusakan otak. Dengan ini kamu juga bisa menunda proses penuaan pada otak hanya dengan mendengarkan musik yang menjadi kesukaanmu.


3. Musik Untuk Memperbaiki tekanan darah dan detak jantung

Mendengarkan musik kesukaan membantu otak dalam melepaskan zat endorfin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah membuktikan, aada pasien yang telah menjalani operasi jantung dan mendengarkan musik cenderung lebih cepat pulih dengan tekanan darah yang lebih rendah dan dengan ritme jantung yang lebih lambat.


4. Musik Untuk Meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi

Studi tentang manfaat musik menunjukkan bahwa, jika anak yang mengikuti kelas musik akan memiliki kemampuan visual dan verbal yang lebih baik serta memiliki perkembangan IQ yang lebih pesat dibanding anak yang tidak ikut kelas musik. 


5. Musik Untuk Membuat bahagia dan menghalau depresi

Musik juga bisa mengubah perasaan seseorang. Cuma dengan dengerin musik, perasaan kamu bisa dibuat bahagia, sedih, atau bersemangat. Apa pun itu jenis musiknya yang kamu denger, selama itu membuat kamu senang, otak otomatis akan melepaskan zat dopamin yang bisa buat kamu merasa lebih baik. 

Nah itu lah gaes manfaat dengerin musik buat kamu, bantu Share ya biar yang lain juga tau manfaat ini.. :)

0 comments